DETAIL DOCUMENT
Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smpn 3 Krian Pada Materi Bentuk Aljabar
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Fitrotul Adhimah, 175500064
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-04 03:57:09 
Abstract :
Salah satu materi pembelajaran matematika yang menuntut kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah yaitu materi bentuk aljabar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP pada materi bentuk aljabar. Penelitian ini menggunakan indikator analisis Polya yang terdiri dari 4 langkah yaitu memahami masalah, membuat rencana pemecahan, melaksanakan rencana pemecahan, dan memeriksa kembali. Penelitian ini menggunakan 5 subjek dengan kategori kemampuan sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah dan sangat rendah dari 35 siswa kelas 7A SMPN 3 Krian, Sidoarjo. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Dari penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa subjek memiliki pemahaman konsep dan pemecahan masalah yang sedang, yaitu dengan persentase kesalahan menjawab soal sebesar 47%. Hal ini disebabkan oleh kesalahan yang dilakukan oleh subjek di tiap indikator pemecahan masalah. Kesalahan yang dilakukan oleh subjek adalah (1) pada langkah memahami masalah, subjek tidak menuliskan informasi diketahui dan ditanya, (2) pada langkah membuat rencana pemecahan, subjek menggunakan strategi penyelesaian kurang sesuai, (3) pada langkah melaksanakan rencana pemecahan, subjek kurang tepat dalam mengoperasikan notasi rumus, (4) pada tahap memeriksa kembali, subjek tidak menuliskan kesimpulan serta ada yang menuliskan kesimpulan tetapi kesimpulan tersebut kurang tepat. Kata Kunci: Bentuk Aljabar, Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Pemecahan Masalah. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya