DETAIL DOCUMENT
Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Berdasarkan Indikator Newman
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Ani Puji Sugiarti, 175500001
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-04 07:15:24 
Abstract :
Dalam menyelesaikan permasalahan matematika terutama permasalahan yang berbentuk soal cerita, siswa masih sering melakukan kesalahan. Kesalahan siswa tersebut menjadi salah satu petunjuk untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami konsep dasar matematika dan apa saja kesalahan yang telah dilakukan oleh siswa. Berdasarkan hal tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ?Apa saja jenis kesalahan dan penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaiakan soal cerita matematika pada materi sistem persamaan linier dua variabel berdasarkan Indikator Newman di SMPN 22 Surabaya?? yang bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan serta penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 22 Surabaya. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang siswa dari kelas VIII-A yang dipilih berdasarkan variasi kesalahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes yang berupa 3 butir soal tes tertulis untuk mengetahui jenis kesalahan dan teknik wawancara yang berupa pedoman wawancara untuk mengetahui penyebab kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Jenis kesalahan dibagi menjadi lima tahapan berdasarkan indikator Newman. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa kesalahan yang dilakukan oleh S1 adalah pada T1, T2, T3, T4 dan T5. Kesalahan yang dilakukan oleh S2 adalah T1, T2, T3 dan T5. Terakhir kesalahan yang dilakukan oleh S3 adalah pada T1, T2, T3, T4 dan T5. Kata kunci: Analisis kesalahan siswa, Prosedur Newman, Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya