DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 TAMAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Pribadi, Any Martina
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-28 01:09:18 
Abstract :
Kata kunci:Berpikir Kreatif, Hasil Belajar, Materi Bentuk Aljabar, Reciprocal Teaching. Pengajaran Terbalik (Reciprocal Teaching)merupakan pendekatan pengajaran berdasarkan prinsip-prinsip pengajuan pertanyaan menggunakan ketrampilan-ketrampilan metakognitif diajarkan melalui pengajaran langsung dalam pemodelan oleh guru untuk memperbaiki hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendekatan pengajaran Reciprocal Teaching terhadap berpikir kreatif dan hasil belajar siswa.Metode Reciprocal Teaching merupakan penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitian ini semua kelas VII SMPN 1 Taman adapun sampel yang digunakan kelas VII K sebagai kelas kontrol dan kelas VII I sebagai kelas eksperimen, intrumen penelitianmenggunakan posttest, teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh berpikir kreatif dengan menggunakan Reciprocal Teaching dan pembelajaran konvesional dengan perolehan rata-rata sebesar 35,8529 dan 32,8529. Pada hasil belajar dengan perolehan rata-rata sebesar 77,9705 dan 70,9117 Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar dengan menggunakan pengajaran Reciprocal Teaching. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya