DETAIL DOCUMENT
KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA MODEL KARTU DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS 1.1 SMPN 1 SEDATI SIDOARJO
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
ALFIYATUN N., KHOIRUN NISAK
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-28 01:34:03 
Abstract :
Kata Kunci :Keefektifan, Alat Peraga, Pemecahan Masalah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang rendah. Kurangnya pemahaman konsep siswa salah satu faktornya. Salah satu solusimya dapat menggunakan alat peraga. Alat peraga yang digunakan peneliti adalah alat peraga model kartu pada materi bentuk aljabar guna untuk meningkatkan kemapuan pemecahan masalah matematika siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan alat peraga model kartu dalam pemecahan masalah matematika materi bentuk aljabar siswa kelas 1.1 SMPN 1 Sedati Sidoarjo. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Sedati Sidoarjo. Sampel yang digunakan adalah kelas 1.1 yang diperoleh dengan menggunakan teknik sampling purposive. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar tes yang terdiri dari pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis data kuantitatif. Hasil dari analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga model kartu pada materi bentuk aljabar efektif dalam pemecahan masalah matematika siswa kelas 1.1 SMPN 1 Sedati Sidoarjo karena hasil presentase ketuntasan belajar siswa pada posttest lebih besar dari pada presentase ketuntasan belajar siswa pada pretest. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya