DETAIL DOCUMENT
PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DAN TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KEAKTIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MATERI LINGKARAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
KINASIH, IKA NOVITA WAHYU
Subject
GA Mathematical geography. Cartography 
Datestamp
2022-11-28 01:43:56 
Abstract :
Kata Kunci: keaktifan, hasil belajar, NHT, Make a Match. Pemilihan model pembelajaran yang tepat adalah hal yang perlu diperhatikan oleh guru, karena banyak siswa yang kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pemelajaran kooperatif tipe NHT dan tipe Make a Match terhadap aktifitas dan hasil belajar siswa kelas XI materi lingkaran. Jenis penelitian yang digunakan berbentuk post-test only control design. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan angket untuk hasil kekatifan siswa, sedangkan metoe tes untuk tes hasil belajar. Populasinya adalah seluruh kelas XI MIA MAN Sidoarjo berjumlah 7 kelas, dengan teknik Purposive Sampling. Analisis data yang digunakan yaitu persentase untuk mengetahui perbedaan aktifitas siswa dan uji beda (uji-t) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan keaktifan siswa dalam pembelajaran yang dilihat dari hasil rata-rata persentase, pada hasil observasi model NHT yaitu 77% dan model Make a Match yaitu 73%, sedangkan dari hasil angket model NHT yaitu 79% dan model Make a Match yaitu 76%. (2) terdapat perbedaan model NHT dan Make a Match yang dilihat dari hasil maka ditolak dan diterima. Maka diperoleh kesimpulan bahwa ? terdapat perbedaan model pemebelajaran kooperatif tipe NHT dan tipe Make a Match terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI?, model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat dijadikan referensi dalam proses pembelajaran matematika untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya