DETAIL DOCUMENT
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ALJABAR MENGGUNAKAN TAHAPAN POLYA BERDASARKAN KECERDASAN KREATIF MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 12 SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Aisa, Wulandari Nur
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-28 01:47:00 
Abstract :
Kata Kunci: kemampuan pemecahan masalah, kecerdasan kreatif- matematis, tahapan polya, aljabar. Pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang harus dikembangkan untuk meningkatkan kualitas siswa. Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dapat dilihat berdasarkan tingkat kecerdasan tingkat kecerdasan kreatif ? matematis yang dimiliki. Kemampuan pemecahan masalah memiliki hubungan positif dengan kecerdasan kreatif ? matematis. Siswa yang memiliki tingkat kecerdasan kreatif-matematis tinggi maka mampu dalam menyelesaikan masalah. Selanjutnya, untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memecahkan masalah berdasarkan kecerdasan kreatif-matematis, dapat dilakukan dengan menggunakan tahapan Polya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai kemampuan pemecahan masalah aljabar siswa menggunakan tahapan Polya berdasarkan tingkat kecerdasan kreatif-matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sedangkan pengumpulan data yang digunakan adalah tes ( tes kecerdasan logis-matematis dan tes kemampuan pemecahan masalah aljabar) dan wawancara.Hasil penelitian menunujukkan bahwa (1)siswa yang memiliki tingkat kecerdasan kreatif-matematis tinggi melakukan seluruh tahapan Polya pada saat menyelesaikan permasalahan, (2) siswa yang memiliki tingkat keerdasan kreatif-matematis sedang hanya melakukan beberapa tahapan polya secara tepat, yaitu melakukan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali hasil penyelesaian, (3) siswa yang memiliki tingkat kecerdasan kreatif-matematis rendah 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya