DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMPN 3 WARU
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
JANNAH, MIFTACHUL
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-28 02:04:47 
Abstract :
Kata Kunci: Keaktifan, Hasil Belajar, TSTS, Pembelajaran Langsung Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran TSTS terhadap keaktifan belajar matematika siswa dan hasil belajar matematika siswa SMPN 3 Waru. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan rancangan true eksperimental design yang berbentuk post-test only control design. Pengumpulan data menggunakan metode observasi untuk keaktifan belajar dan tes untuk hasil belajar matematika siswa. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Waru yang berjumlah 9 kelas. Dengan teknik purposive sampling, sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 siswa dan siswa kelas VIII D sebagai kelas kontrol dengan jumlah 34 siswa. Teknik analisis data observasi menggunakan prosentasi dan untuk tes menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas yang diterapkan model pembelajaran TSTS lebih aktif dibandingkan kelas yang diterapkan model pembelajaran langsung. Adapun hasil belajar menggunakan model pembelajaran TSTS mendapatkan hasil sebesar 4,26 dan sebesar 1.99, maka , sehingga hipotesis penelitian diterima yang menyatakan ada perbedaan hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran TSTS dan model pembelajaran langsung siswa SMPN 3 Waru. Maka dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TSTS terhadap keaktifan dan hasil belajar matematika siswa. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya