DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA KELAS VIII-D SMP NEGERI 2 TAMAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Yuliani, Riris
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-28 02:26:05 
Abstract :
Kata Kunci: pembelajaran matematika dan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Proses pembelajaran matematika pada materi yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari masih kurang dipahami oleh siswa. Hal ini disebabkan karena cara mengajar guru yang masih terlalu berpatokan pada buku pelajaran, sehingga materi yang diajarkan jarang sekali dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hal tersebut, salah satu usaha guru dalam meningkatkan aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan respon siswa pendekatan yang tepat untuk diterapkan adalah pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan suatu pendekatan yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkan dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan respon siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Taman. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII-D. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan angket. Hasil dari penelitian ini adalah aktivitas siswa kelas VIII-D mempunyai presentase tertinggi adalah memperhatikan penjelasan materi atau pertanyaan yang disampaikan 5 guru atau teman. Hasil belajar siswa kelas VIII-D dikatakan tuntas secara klasikal. Respon siswa kelas VIII-D dinyatakan positif 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya