DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA KELAS VII SMPN 24 SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Hestiana, Puput
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-28 02:27:54 
Abstract :
Kata Kunci : Pembelajaran matematika , Model Problem Solving Pembelajaran matematika merupakan kegiatan untuk memperoleh ilmu yang merupakan alat pikir, berkomunikasi, alat untuk memecahkan berbagai persoalan praktis, yang tersusun baik dari yang sederhana menuju yang paling kompleks dan memperoleh suatu keterampilan melalui pelajaran, pengalaman, atau pengajaran yang melibatkan informasi dan lingkungan yang disusun secara terencana untuk memudahkan peserta didik dalam belajar. Model pembelajaran Problem Solving merupakan rangkaian aktivitas pembelajaran, artinya dalam implementasi Problem Solving ada sejumlah kegiatan yang harus dilakukan siswa. Problem Solving tidak mengharapkan siswa hanya sekedar mendengarkan, mencatat, kemudian menghafal materi pelajaran, akan tetapi melalui Problem Solving siswa aktif berpikir, berkomunikasi, mencari dan mengolah data, dan akhirnya menyimpulkan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa selama diterapkan model pembelajaran Problem Solving, mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Problem Solving, dan mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Problem Solving.Rancangan penelitian yang digunakan adalah one-shot case study dengan subyek penelitian adalah 41 siswa keseluruhan pada kelas VII-B SMPN 24 Surabaya pada tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini berlangsung selama tiga kali pertemuan yang pelaksanaannya sesuai dengan RPP himpunan. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa kelas VII-B selama menerapkan model pembelajaran Problem Solving pada vii kegiatan pembelajaran matematika dinyatakan aktif, hasil belajar siswa kelas VII-B setelah menerapkan model pembelajaran Problem Solving pada kegiatan pembelajaran matematika dinyatakan tuntas secara klasikal, dan respon siswa kelas VII-B setelah menerapkan model pembelajaran Problem Solving pada kegiatan pembelajaran matematika dinyatakan positif. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya