DETAIL DOCUMENT
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP KARTIKA NASIONAL PLUS SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
NURAINI, HIJJIAH ROHMA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-28 02:06:52 
Abstract :
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Learning Start with a Question, Strategi Pembelajaran Guided Teaching, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa karena kurang tepatnya penggunaan model pembelajaran yang diajarkan, sehingga dibutuhkan suatu strategi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan strategi Learning Start with a Question. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif Learning Start with a Question terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Kartika Nasional Plus Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan desain kuasi eksperimen dengan bentuk Posttest Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Kartika Nasional Plus Surabaya. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 yang berjumlah 21 siswa sebagai kelas kontrol. Penentuan sampel berdasarkan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan tes. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah pehitungan uji ? t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai lebih besar dari (2,91 > ) yang berarti rata - rata hasil belajar matematika siswa yang diajarkan menggunakan strategi Learning Start with a Question lebih tinggi dari rata - rata hasil belajar siswa yang menggunakan strategi Guided Teaching. Hal ini dibuktikan vi dengan selisih perolehan nilai rata ? rata siswa yang diajarkan menggunakan strategi Learning Start with a Question dan yang diajarkan menggunakan strategi Guided Teaching sebesar 7,25. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh strategi pembelajaran Learning Start with a Question terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Kartika Nasional Plus Surabaya pada materi Aljabar. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya