DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Lestari, Vina
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-28 02:30:00 
Abstract :
Kata Kunci : Pembelajaran matematika, model Discovery Learning dan Kemampuan Representasi Matematis. Penelitian ini menggunakan salah satu model pembelajaran Discovery Learning yaitu model pembelajaran yang mengembangkan cara belajar aktif dengan menemukan sendiri, menyelidiki sendiri maka hasil yang diperoleh akan setia dan tahan lama dalam ingatan. Model pembelajaran Discovery Learning ini digunakan agar siswa lebih mudah menerima suatu materi dan menjadikan siswa menajdi lebih inovatif. Tujuan penelitani ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Discovery leraning dan hasil belajar dengan menggunakan model Direct Instruction pada siswa kelas X SMA ITP Surabaya. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA ITP Surabaya. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X-MIA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X-MIA 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah masing-masing 34 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode (post test). Metode tes ini digunakan untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar matematika siswa (post test) setelah diberi perlakuan dan menacari perbedaan hasil belajar matematika siswa. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisa data kuantitatif uji-t. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di kelas X SMA ITP Surabaya dari hasil analiss perhitungan data dan uji hipotesis dengan uji-t, diperoleh perhitungan bahwa thitung = 6,37 dan ttabel = 1,99 berada di daerah penolakan H0, karena thitung > ttabel (6,37 > 1,99). Maka Ho ditolak, sehingga H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction pada materi logaritma kelas X SMA ITP Surabaya. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya