DETAIL DOCUMENT
PROFIL BERPIKIR KRITIS SISWA TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER DI SEKOLAH SMP KARTIKA NASIONAL PLUS SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Oktavia, Dwi Irma
Subject
GA Mathematical geography. Cartography 
Datestamp
2022-11-28 02:23:17 
Abstract :
Kata Kunci: Profil,Berpikir Kritis, Perbedaan Gender Penelitian ini dilatar belakangi oleh perbedaan gender dalam berpikir kritis siswa terhadap suatu masalah atau soal cerita. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ?Bagaimana profil berpikir kritis siswa terhadap pemecahan masalah matematika ditinjau dari gender laki-laki dan ditinjau dari gender perempuan?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil berpikir kritis siswa terhadap pemecahan masalah matematika ditinjau dari gender laki-laki, dan untuk mengetahui profil berpikir kritis siswa terhadap pemecahan masalah matematika ditinjau dari gender perempuan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 4 orang siswa yang terdiri dari 2 siswa laki-laki, dan 2 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tektik tes tertulis dan tektik wawancara. Tes yang digunakan peneliti ada 2 jenis yaitu terdiri dari Tes Pemecahan Masalah untuk menentukan subjek penelitian berdasarkan nilai yang sama dan Tes Berpikir Kritis untuk memperoleh profil siswa, sedangkan wawancara digunakan sebagai penguat data agar analisis yang dihasilkan valid. Pada penelitian ini, teknik analisis data yang digunakan adalah hasil Tes Berpikir Kritis serta wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek laki-laki sudah mampu memenuhi semua ketiga indikator berpikir kritis yaitu tahap memberikan penjelasan sederhana, tahap menyimpulan, serta tahap menerapkan strategi dan taktik. Sedangkan subjek perempuan hanya mampu memenuhi dua indikator berpikir kritis yaitu tahap menyimpulkan dan tahap menerapkan strategi dan taktik. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya