DETAIL DOCUMENT
EXPLORING ENGLISH LANGUAGE TEACHING STRATEGIES USED BY TEACHER FOR DEAF STUDENTS
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
MOHAMMAD, ADAM RISKY
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-23 07:14:59 
Abstract :
M. Risky. Adam. 2019. Mengeksplorasi Strategi pengajaran Bahasa Inggris yang Digunakan Guru untuk Murid Tuli . Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa Inggris. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Dosen Pembimbing (1) Fajar Susanto. SS., M.Pd, (2) Irfan Rifai, Ph.D. Kata Kunci : Siswa tuli, Strategi mengajar ,Process Strategy, Total Physical Response Strategy, Cooperative Strategy, and Question and Answer, Discussion, Lecture Strategy. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi strategi pengajaran bahasa Inggris yang digunakan oleh guru untuk siswa tunarungu, khususnya studi ini berfokus pada bagaimana menerapkan strategi untuk siswa tunarungu. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dan untuk memperoleh data peneliti melakukan wawancara. peneliti mewawancarai dua guru bahasa Inggris dan kemudian peneliti melakukan kelas observasi. Setelah data diperoleh dari wawancara, peneliti menggunakan analisis tematik untuk menganalisis data. Berdasarkan data yang telah diperoleh strategi yang digunakan guru untuk mengajar bahasa Inggris untuk siswa tunarungu seperti: Strategi proses, strategi Respon Fisik Total, strategi Koperasi, dan Tanya Jawab, Diskusi, dan Kuliah. Implementasi strategi yang digunakan guru didasarkan pada situasi dan kondisi. Implementasi dalam Strategi Proses adalah guru memberikan tugas tetapi siswa dapat menggunakan sumber daya apa pun di sekitar mereka dan strategi lebih fungsional ketika guru memberikan tugas individu kepada siswa. Dalam Strategi Respon Fisik Total guru memberikan beberapa gambar atau petunjuk kemudian siswa menunjukkan berdasarkan dari gambar dan menebak artinya, strategi dapat berjalan dengan baik ketika guru ingin mengembangkan kosa kata. Dari Strategi Kooperatif siswa membuat kelompok dan kemudian guru memberikan tugas setelah itu kelompok melakukan presentasi penggunaan strategi ketika guru ingin mengembangkan keterampilan berbicara mereka dengan bahasa isyarat. Strategi Tanya Jawab, Diskusi, dan ceramah adalah strategi yang diciptakan guru untuk meningkat kan rasa percaya diri mereka 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya