Abstract :
Wijanarko Erik. 2020. Implementasi Model Mind Mapping Untuk
Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn
Kelas X SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi
Buana Surabaya. Pembimbing Drs. A Qomaru Zaman, M.Pd,
Suhartono, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Mind Mapping, Keaktifan Siswa di SMA Wachid
Hasyim 5 Surabaya
Mind Mapping atau peta pikiran merupakan model
untuk mengungkapkan gagasan dengan cara yang menarik
secara visual dan menerapkan kedua fungsi otak secara
sinergis. Oleh karena itu Mind Mapping sangat cocok
digunakan dalam mata pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan. Tuntutan kebutuhan akan ilmu
pengetahuan sekarang ini menyebabkan perkembangan
ilmu pengetahuan semakin pesat, hampir setiap negara di
dunia mengutamakan pendidikan warganya.
Tujuan penelitian ini 1) untuk mengetahui
implementasi model Mind Mapping pada mata pelajaran
PPKn kelas X SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya 2) untuk
mengetahui peningkatan keaktifan siswa kelas X SMA
Wachid Hasyim 5 Surabaya. Teknik pengumpulan data
menggunakan pengamatan (observasi), wawancara dan
dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode penelitian kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mind Mapping
mampu meningkatkan keaktifan siswa pada saat
pembelajaran PPKn. Terbukti bahwa keaktifan siswa dapat
dilihat dari perhatian siswa, kerjasama siswa dalam
kelompok, kemampuan siswa mengemukakan pendapat
dalam kelompok, memberi gagasan yang cemerlang dan
pembagian kerja yang matang.