DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI MODEL MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS X SMA WACHID HASYIM 5 SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Wijanarko, Erik
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-23 07:50:54 
Abstract :
Wijanarko Erik. 2020. Implementasi Model Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas X SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing Drs. A Qomaru Zaman, M.Pd, Suhartono, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Mind Mapping, Keaktifan Siswa di SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya Mind Mapping atau peta pikiran merupakan model untuk mengungkapkan gagasan dengan cara yang menarik secara visual dan menerapkan kedua fungsi otak secara sinergis. Oleh karena itu Mind Mapping sangat cocok digunakan dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Tuntutan kebutuhan akan ilmu pengetahuan sekarang ini menyebabkan perkembangan ilmu pengetahuan semakin pesat, hampir setiap negara di dunia mengutamakan pendidikan warganya. Tujuan penelitian ini 1) untuk mengetahui implementasi model Mind Mapping pada mata pelajaran PPKn kelas X SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya 2) untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa kelas X SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan (observasi), wawancara dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mind Mapping mampu meningkatkan keaktifan siswa pada saat pembelajaran PPKn. Terbukti bahwa keaktifan siswa dapat dilihat dari perhatian siswa, kerjasama siswa dalam kelompok, kemampuan siswa mengemukakan pendapat dalam kelompok, memberi gagasan yang cemerlang dan pembagian kerja yang matang. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya