DETAIL DOCUMENT
PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KINERJA PEMERINTAH DESA DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN PUBLIK (Studi di Desa Sooko Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Zahroh, Ni’matuz
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2022-11-23 08:13:39 
Abstract :
Zahroh, Ni?matuz. 2019. Persepsi Masyarakat terhadap Kinerja Pemerintah Desa dalam Memberikan Pelayanan Publik (Studi di Desa Sooko Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik). Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Dr. Suhari, S.H., M.Si. Kata Kunci : Persepsi Masyarakat, Pelayanan Publik. Penelitian ini mengenai persepsi masyarakat Desa Sooko Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik tentang kinerja pemerintah desa dalam memberikan pelayanan publik mengenai prinsip kesederhanaan, kejelasan, kepastian waktu penyelesaian, akurasi produk layanan, tanggungjawab pegawai, kemudahan akses, kelengkapan sarana dan prasarana, perilaku pegawai, serta kenyamanan yang selama ini belum diketahui. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan narasumber petugas pelayanan publik dan masyarakat Desa Sooko. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi teknik dan penggunaan bahan referensi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa persepsi masyarakat Desa Sooko menyatakan penyelenggaraan pelayanan cukup baik pada beberapa aspek, yakni prosedur yang sederhana, akurasi produk yang tepat, waktu penyelesaian layanan jelas, pegawai yang bertanggung jawab, tempat yang mudah diakses, dan perilak u pegawai yang sopan dan ramah. Sementara mereka merasa kurang puas pada beberapa aspek, yakni kurang jelasnya persyaratan teknis dan administratif, aspek sarana dan prasarana kurang lengkap, aspek keindahan dan kebersihan kurang diperhatikan. Peningkatan pelayanan publik di Desa Sooko dapat dilakukan dengan prioritas kejelasan persyaratan teknis dan administratif, pengadaan papan informasi, peningkatan sarana dan prasarana, dan perhatian pada keindahan dan kebersihan. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya