DETAIL DOCUMENT
KORELASI TINGKAT KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN PEMAHAMAN CERITA PADA SISWA KELAS 2 SDN NGAGEL REJO I SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Azizah, Farah Dina Nur
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-24 04:23:37 
Abstract :
Kata kunci: korelasi, kemampuan membaca permulaan, pemahaman cerita Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara tingkat kemampuan membaca permulaan dengan pemahaman cerita pada siswa kelas 2 SDN Ngagel Rejo I Surabaya, dengan responden berjumlah 36 siswa. Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya permasalah siswa di bidang membaca, sehingga membuat siswa kesulitan dalam memahami sebuah cerita. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian tes membaca sebuah cerita dan soal untuk mengukur pemahaman isi cerita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan populasi penelitian yaitu kelas 2 sebanyak empat kelas paralel, untuk mengambil sampel menggunakan teknik sampel purposive. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan rumus korelasi Rank Spearman dengan bantuan spss statistic versi 25 for windows. Data yang diperoleh menunjukkan nilai rhitung atau koefisien korelasi sebesar 0,908 dan nilai rtabel sebesar 0,478 yang menunjukkan bahwa nilai rhitung ? rtabel. Sehingga data tingkat kemampuan membaca permulaan memiliki hubungan dengan pemahaman cerita. Koefisien korelasi yang memiliki nilai positif, menunjukkan bahwa hubungan yang dimilikinya searah. Dapat dikatakan jika kemampuan membaca permulaan meningkat, maka pemahaman cerita pada siswa juga akan meningkat. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya