DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE JIGSAW BERBANTU MEDIA PAPAN SIGAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN SEDATI GEDE II SIDOARJO
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
PUTRI, APRILIA KARTIKA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-24 04:30:27 
Abstract :
Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, media papan SIGAR, hasil belajar IPA Penelitian ini didasarkan pada permasalahan dalam pembelajaran seperti adanya siswa yang kurang kooperatif dan kurang berani dalam mengemukakan pendapatnya. Hal ini diperparah dengan pembahasan materi dalam kurikulum 2013 yang terkesan hanya sekilas yang mengakibatkan siswa kurang memahami materi secara menyeluruh. Dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantu media pembelajaran yang menarik yaitu media papan SIGAR berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa yang dalam pembelajarannya bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan aktivitas belajar siswa sehingga hasil belajar dapat ditingkatkan secara maksimal. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan tipe Nonequivalent Group Design dengan menggunakan teknik sampel Random Sampling. Sampel penelitian yaitu siswa kelas V-B 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas V-C 30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Penelitian ini menghasilkan data uji validasi RPP diperoleh skor 4,5, uji validasi media diperoleh skor 4,04, uji validasi tes hasil belajar diperoleh skor 4,5, uji validasi lembar observasi siswa memperoleh skor dari validator 4,5, dinyatakan layak dapat digunakan. Hasil data yang diperoleh dari kegiatan observasi siswa skor 3,57 memperoleh kriteria sangat baik. Setelah penelitian dilakukan uji normalitas pada kelas eksperimen memperoleh hasil x2 hitung = -27,41 ? x2 tabel = 11,1 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh x2 hitung = -20,5 ? x 2 tabel = 11,1. Jadi dapat disimpulkan bahwa kedua data tersebut berdistribusi normal. Selanjutnya yaitu uji homogenitas, setelah dihitung diperoleh hasil Fhitung = 1,064 ? Ftabel = 1,86 maka data tersebut termasuk data yang homogen. Kemudian setelah uji prasyarat dilakukan uji-t . Uji-t yang dilakukan memperoleh hasil thitung = 4,36 dan ttabel = 2,1. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang menyatakan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantu media papan SIGAR terhadap hasil belajar IPA kelas V di SDN Sedatigede II Sidoarjo. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya