DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MEDIA INTERAKTIF ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SIKLUS HIDUP MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS IV SDN KEBOAN ANOM GEDANGAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Waluyo, Rizkiku Riang Kasih
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-24 04:38:09 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media ineraktif animasi terhadap hasil belajar IPA materi siklus hidup mahkluk hidup siswa kelas IV SDN KEBOAN ANOM GEDANGAN. Pendekatan yang dipakai pada penelitian ini ialah penelitian kuantitatif. Penelitian ini memakai Metode penelitian yang digunakan yakni True Experimental design. Adapun populasi penelitian ini ialah keseluruhan terdiri dari objek atau subjek yang mempunyai karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan selanjutnya ditarik kesimpulannya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas IV A dan C SDN Keboananom Gedangan Sidoarjo yang berjumlah 80 siswa yang masing-masing 40 siswa. Terdapat dua variable yaitu variable bebas dan terikat. Pnelitian ini memakai teknik purposive sampling. Alasan dipakainya teknik purposive sampling karena peneliti hanya bisa menggunakan dua kelas dari tiga kelas IV yang ada di SDN Keboananom Gedangan Sidoarjo, Diperoleh hasil data kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran interaktif animasi terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Keboananom Gedangan Sidoarjo dapat disimpulkan nilai tertinggi adalah 100 dan nilai terendah adalah 68. Kata Kunci : Media Interaktif Animasi, Hasil Belajar, Siklus Hidup & Mahkluk Hidup. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya