DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN PAPAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PINTAR (PAPENTAR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS ll DI SDN KEBOAN ANOM GEDANGAN SIDOARJO
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
HERDIYANTI, DINNY JUSTIKA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-24 07:06:33 
Abstract :
Kata kunci : Model Pembelajaran Discovery Learning, Media Papan Penjumlahan dan Pengurangan Pintar (PAPENTAR), Hasil Belajar. Tujuan penelitian ini ialah menjelaskan Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Papan Penjumlahan dan Pengurangan Pintar (PAPENTAR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II di SDN Keboan Anom Gedangan Sidoarjo. Peneliti ini dilatar belakangi oleh penerapan model disovery learning, akan menciptakan suasana yang menyenangkan dalam proses belajar mengajar dan akan membuat peserta didik akan lebih aktif, kreatif serta akan menumbuhkan pengetahuan pada peserta didik kelas II dalam menemukan sebuah konsep. Rancangan penelitian yang digunakan ialah Quasi Experimental Design dengan bentuk Posttest? Only Control Design. Variabel bebasnya adalah model discovery learning berbantuan media papentar dan variabel terikat adalah hasil belajar. Populasi penelitian ialah seluruh peserta didik kelas II di SDN Keboan Anom Gedangan Sidoarjo dengan sampel penelitian peserta didik kelas II?D sebagai kelas eksperimen dan kelas II?A sebagai kelas kontrol. Model discovery learning diukur menggunakan rubrik penilaian discovery learning. Instrumen tes terlebih dahulu diuji validitas. Data diambil pada saat posttest. Uji hipotesis menggunakan uji?t dengan taraf signifikasi 0,05 (a < 0,05). Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran berpengaruh penerapan model iii discovery learning berbantuan papan penjumlahan dan pengurangan pintar (PAPENTAR) terhadap hasil belajar siswa kelas II. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya