DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN PPKn TERHADAP SIKAP GOTONG ROYONG SISWA KELAS IX SMPN 3 KRIAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Muliati, Fransiska
Subject
HM Sociology 
Datestamp
2022-11-24 06:25:48 
Abstract :
Muliati, Fransiska. 2019. Pengaruh Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran PPKn terhadap Sikap Gotong Royong Siswa Kelas IX SMPN 3 Krian. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing I: Drs. H. Atnuri. SH., M.Pd dan Pembimbing II: Dra Bernadetta Budi Lestari. M. Si. Kata Kunci: Pengelolaan Kelas, Sikap Gotong Royong Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa pendidikan karakter siswa di sekolah pada proses pembelajaran berlangsung sangat diperlukan sehingga dapat menanamkan berbagai kebiasaan-kebiasaan baik kepada siswa agar bersikap dan bertindak sesuai dengan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pengelolaan kelas dalam pembelajaran PPKn terhadap sikap gotong royong siswa kelas IX SMPN 3 Krian dan adakah pengaruh pengelolaan kelas dalam pembelajaran PPKn terhadap sikap gotong royong siswa kelas IX SMPN 3 Krian. Tujuannya adalah untuk mengetahui penerapan dan pengaruh pengelolaan kelas dalam pembelajaran PPKn terhadap sikap gotong royong siswa kelas IX SMPN 3 Krian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis statistik diferensial. Hasil dari penelitian ini bahwa penerapan pengelolaan kelas dalam pembelarajan PPKn berjalan dengan baik dan ada pengaruh pengelolaan kelas yang signifikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam mengembangkan sikap gotong royong siswa. vii ABSTRACT 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya