DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE (Connection, Organizing, Reflecting dan Extending) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KECEPATAN SISWA KELAS V SDN KEBOAN ANOM GEDANGAN SIDOARJO
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Mufidha, Ainun Nikmatus
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-24 06:57:23 
Abstract :
Kata Kunci : Model Pembelajaran CORE, hasil belajar. Proses pembelajaran matematika sampai saat ini masih bersifat satu arah sehingga proses pembelajaran kurang aktif dan interaktif yang mengakibatkan hasl belajar matematika kurang memuaskan oleh karena itu peneliti melakukan penelitian yang berjudul pengaruh model pembelajaran CORE terhadap hasil belajar matematika sisswa kelas V SDN Keboan Anom Gedangan sidoarjo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CORE terhadap hasil belajar siswa Penelitian ini merupakan penelitian pendidikan dengan tipe kuantitatif inferensial dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen. Dengan menggunakan pengumpulan data berupa tes (post- tes). Penelitian ini diterapkan pada 66 peserta didik yang terdiri dari kelas 5D 33 perserta didik (sebagai kelas eksperimen) dan kelas 5A 33 peserta didik (sebagai kelas kontrol).Dengan diterapkannya model pembelajaran CORE di harapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa terutama dalam mata pelajaran matematika materi kecepatan serta membentuk karakter peserta didik yang aktif,kreatif, serta inovatif. Hasil dari penelitian ini yaitu hasil belajar matematika materi kecepatan dengan mengunakan model pembelajaran CORE kategori ?sangat baik?. Bedasarkan penghitungan tersebut nilai Thitung lebih dari Ttabel dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 di terima yang artinya ada pengaruh model pembelajaran CORE terhadap hasil belajar matematika materi kecepatan siswa kelas V SDN Keboan Anom Gedangan Sidoarjo. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya