DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SD HANG TUAH 10 JUANDA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
LARASATI, NOVALINDA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-24 07:21:52 
Abstract :
Kata Kunci : Model pembelajaran examples non examples, kemampuan berpikir kritis Penelitian ini didasari oleh banyaknya siswa yang kurang mampu dalam hal berpikir secara kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Hang Tuah 10 Juanda, dan (2) Bagaimana aktivitas siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples. Model pembelajaran kooperatif tipe examples non exampkes merupakan model pembelajaran yang menggunakan media gambar dalam penyampaian materi pembelajarannya. Model ini bertujuan untuk mendorong siswa dalam berpikir kritis dengan jalan memecahkan permasalahanpermasalahan yang terdapat didalam contoh-contoh gambar yang disajikan. Jenis penelitian ini Posttest Only Control Design. Subjek penelitian yang digunakan adalah kelas IV B sebagai kelas eksperimen dan kelas IV C sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas 23 siswa di SD Hang Tuah 10 Juanda Hasil data dan analisis data yang di dapatkan dari hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan uji hipotesis (t-test) nilai signifikasi menunjukkan 0,000 < 0,005, Jadi H0 di tolak sehingga menjelaskan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV. Sedangkan hasil dari observasi siswa pada kelas eksperimen yaitu termasuk dalam kriteria ?baik? . 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya