DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MEDIA POP UP TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS III TEMA 4 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1 SDN KEBONDALEM MOJOSARI
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Putri, Devita Aryana
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-24 07:29:03 
Abstract :
Kata Kunci : media pembelajaran (Pop Up), keterampilan membaca. Keterampilan membaca siswa di Indonesia setiap tahun selalu mengalami penurunan, hal ini dibuktikan dari skor hasil PISA mengenai literasi membaca. Guru harus membuat media yang sesuai untuk proses pembelajaran. Pop Up merupakan sebuah buku yang memiliki bagian yang dapat bergerak atau memiliki unsur tiga dimensi yang mengandung unsur interaksi saat dibuka seolah-olah ada benda yang keluar dari dalam buku. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media Pop Up terhadap keterampilan membaca siswa kelas III Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1 SDN Kebondalem Mojosari. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif tipe Quasi experimental design. Desain yang digunakan adalah Posttest Only Control Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan statistika inferensial kemudian dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, uji keseimbangan, dan uji t dengan bebantuan SPSS 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media Pop Up terhadap keterampilan membaca siswa kelas III Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1 SDN Kebondalem Mojosari. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya