DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MEDIA HALMA PANCASILA TERHADAP HASIL BELAJAR BERBASIS 4C PADA PEMBELAJARAN PPKn PESERTA DIDIK KELAS IV SD HANG TUAH 10 JUANDA SIDOARJO
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Saputra, Eko Ferik Andi
Subject
 
Datestamp
2022-11-24 07:56:43 
Abstract :
Kata Kunci : media halma Pancasila, Hasil Belajar, berbasis 4C. Penelitian ini dilakukan atas dasar kebutuhan mempersiapkan perangkat tentang media halma pembelajaran pada sekolah dasar. Penggunaan media halma Pancasila untuk memantapkan penanaman konsep supaya masuk memori jangka panjang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh media halma Pancasila terhadap hasil belajar berbasis 4C. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan rancangan Quasi Eksperimental design- post test only control design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Hang Tuah 10 Juanda Sidoarjo tahun ajaran 2019/2020. Sampel pada penelitian menggunakan probability Sampling dengan teknik Cluster Sampling. Sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas IV-B sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan persentase, skor, dan uji-t. Setelah dilaksanakan penelitian aktivitas pendidik mendapatkan 86,75?, aktivitas peserta didik mendapatkan 84,75? berkategori sangat baik. Data observasi kolaborasi kelas eksperimen 87,51 dan kelas kontrol 89,07 dikategorikan sangat baik. Uji homogenitas UTS sig. 0,371, dan post test sig.0,217. Uji normalitas post test eksperimen sig. 0,135 dan kontrol sig. 0,200. Uji hipotesis sig. 0,033. Hasil uji hipotesis mendapatkan sig. 0,033 < 0,05, maka dapat disimpulkan ada pengaruh media halma Pancasila terhadap hasil belajar berbasis 4C pembelajaran PPKn peserta didik kelas IVSD Hang Tuah 10 Juanda Sidoarjo. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya