DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SDN BELAHAN TENGAH MOJOSARI
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
DEFI, SOFIANA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-24 08:03:48 
Abstract :
Kata Kunci: Model Pembelajaran Make A Match, Pembelajaran IPS Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemilihan model pembelajaran yang kurang menarik perhatian peserta didik serta banyaknya materi yang menuntut peserta didik untuk menghafalkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model make a match pada aktivitas pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran IPS serta mendeskripskan hasil belajar dari penerapan model make a match. Penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN Belahantengah Mojosari. Sampel yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas V SDN Belahantengah Mojosari yang berjumlah 27 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang dalam penelitian ini menggunakan rumus persentase . Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran make a match diketahui bahwa aktivitas pendidik termasuk kriteria sangat baik, aktivitas peserta didik termasuk kriteria samgat baik, serta untuk ketuntasan hasil belajar mendapatkan kategori sangat baik. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya