DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN-ENDEDvTERHADAP HOTS PADA MUATAN MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS V SDN KEBOAN ANOM SIDOARJO
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Styanada, Galuh Enggita
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-25 02:13:28 
Abstract :
Kata kunci : Model Pembelajaran Open-Ended, HOTS Salah satu muatan dalam kurikulum 2013 yaitu menuntut peserta didik untuk mampu berpikir tingkat tinggi (HOTS). Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa salah satunya adalah dengan menerapkan pembelajaran dengan model pembelajaran open-ended. Peranan model pembelajaran sangat diperlukan dalam kegiatan pembelajaran. Dengan menggunakan model pembelajaran open-ended mempermudah peserta didik memahami dan mengetahui serta menyelesaikan permasalahan HOTS pada materi bangun ruang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran open-ended terhadap HOTS pada muatan materi bangun ruang siswa kelas V SDN Keboan Anom Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian posttes-only control design. Sampel penelitian peserta didik yang berjumlah 66, menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan dari hasil pengujian hipotesis yang dilakukan oleh penulis, menunjukkan bahwa H0 ditolak pada taraf signifikansi 5% diperoleh hasil thitung sebesar 4,72 > -3,2. Maka dapat disimpulkan hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran open-ended terhadap HOTS pada muatan materi bangun ruang siswa kelas V SDN Keboan Anom Sidoarjo. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya