DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEMBASED LEARNING BERBASIS 4C TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 36 SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Mauliddiah, Eka
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-25 02:30:48 
Abstract :
Eka, M. L. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning berbasis 4C Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMPN 36 Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Drs. H. Atnuri, SH., M.Pd., dan Dra. Bernadetta Budi Lestari, M.Si. Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), berbasis 4C Penelitian ini di latarbelakangi oleh pengembangan kurikulum 2013 melalui model pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Kurikulum 2013 sudah diterapkan pada jenjang pendidikan dari SD hingga SMA. Model pembelajaran berbasis pendidikan karakter sangat ditekankan dalam kegiatan pembelajaran, terutama mengenai karakter pada peserta didik seperti Model Pembelajaran Problem Based Learning berbasis 4C. Permasalahan yang diteliti yaitu mengenai 1) Adakah pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis 4C terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMPN 36 Surabaya. Adapun tujuan penelitian yaitu mengetahui penerapan Pembelajaran Kepatuhan Terhadap Hukum Dengan Model Problem Based Learning (PBL) berbasis 4C Terhadap Peserta didik kelas VIII di SMPN 36 Surabaya. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Posttest Only Control Group Design. Sampel yang digunakan peneliti kelas VIII-A dan VIII-B. Kelas eksperimen adalah kelas VIII-B yang mendapat perlakuan mengajar dengan menggunakan pendekatan kontekstual dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis 4C. Sedangkan kelas kontrol adalah kelas VIII-A yang mendapatkan perlakuan mengajar dengan pendekatan yang konvensional. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya