DETAIL DOCUMENT
PENGELOMPOKAN PROVINSI DI INDONESIA BERDASARKAN INDIKATOR MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TAHUN 2016 – 2018 MENGGUNAKAN MODEL BASED CLUSTERING
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Aldini, Uly
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-25 02:49:03 
Abstract :
Peran pendidikan dalam suatu bangsa bertujuan untuk membentuk sumber daya manusia yang terdidik, berkompeten dan berkarakter. Standar Nasional Pendidikan (SNP) ditetapkan sebagai acuan pengukuran mutu pendidikan di Indonesia, deng an melihat delapan aspek yaitu Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan Pendidikan, Standar Isi, Standar Proses, Standar Penilaian Pendidikan dan Standar Kompetensi Lulusan. Penelit ian sebelumnya mengenai faktor dominan yang membentuk mutu pendidikan jenjang sekolah dasar dan menengah, menjelaskan bahwa terdapat lebih dari 50 indikator yang memuat data multivariat. Melalui indikator ? indikator tersebut, penulis ingin mengukur mutu p endidikan dengan mengelompokan provinsi di Indonesia menggunakan metode Model Based Clustering. Metode ini sangat sesuai dengan data yang terindikasi kasus outlier, dengan pendekatan menggunakan jarak Mahalanobis dan jarak Robust akan diketahui di titik mana data tersebut mengalami outlier. Data yang terindikasi outlier menyebabkan tidak terpenuhinya asumsi normal multivariat, sehingga distribusi probabilitas yang sesuai adalah distribusi t multivariat. Penaksiran parameter menggunakan Maximum Likelihood Estimation terhadap Model Finite Mixture dengan t multivariat dipandang sebagai metode yang lebih robust terhadap data yang mengandung outlier. Model terbaik dari kelompok yang terbentuk akan dilihat melalui perhitungan ICL tertinggi. Kata kunci : SNP, Maximum Likelihood Estimator, Model Based Clustering. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya