DETAIL DOCUMENT
PENGARUH METODE KINESTETIK DRAMATISASI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA TEMA HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA SISWA KELAS II SDN WONOKUSUMO MOJOSARI
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
ANJARWATI, ANITA DEWI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-12-26 15:23:22 
Abstract :
Kata Kunci : Metode Kinestetik Dramatisasi, Keterampilan Berbicara Penelitian ini didasari adanya permasalahan yang terjadi disekolah, yaitu masih belum maksimalnya penilaian keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran tematik. Proses pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 memiliki kriteria-kriteria penilaian yang harus dicapai oleh siswa salah satunya yaitu kognitif dan psikomotorik. Sesuai dengan permasalahan tersebut, tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui:Adakah pengaruh metode Kinestetik Dramatisasi terhadap keterampilan berbicara pada tema Hidup Bersih dan Sehat siswa kelas II SDN Wonokusumo Mojosari. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Tempat penelitiannya di SDN Wonokusumo Mojosari. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Posttest Only Control Design. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes unjuk kerja dan . Teknik analisis datanya menggunakan statistika inferensialkemudian dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t dengan bebantuan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran secara keseluruhan menggunakan metode kinestetik dramatisasi berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa kelas II SDN Wonokusumo Mojosari. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya