DETAIL DOCUMENT
PERAMALAN PENJUALAN BAN MOBIL MENGGUNAKAN METODE ARIMA BOX JENKINS DAN HYBRID AUTOREGERESSIVE INTEGRATED MOVING AVERAGEARTIFICIAL NEURAL NETWORK (ARIMA-ANN) DI PT. MITRA MUDA SEJATI
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
KURNIA, HELEN EKA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-25 03:27:40 
Abstract :
Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, perusahaan yang bergerak di bidang penjualan mempunyai masalah yang sering dihadapi oleh perusahaan yaitu seringnya terjadi kekurangan barang karena perkiraan manual order jumlah barang setiap bulan. Hal ini dapat mengecewakan konsumen karena barang yang akan dipesan tidak ada. Selain itu juga sering terjadi barang overstock di gudang karena barang tidak laku. Peramalan merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah perencanaan penjualan karena dapat memberikan gambaran kegiatan penjualan yang akan dilakukan. PT. Mitra Muda Sejati merupakan salah satu perusahaan distributor ban mobil yang di Surabaya yang cukup besar sehingga diperlukan perencanaan yang cukup matang untuk mengembangkan usahanya, dimulai dengan proses peramalan penjualan. Dalam menyelesaikan permasalahan meramalkan jumlah penjualan ban mobil untuk masa yang akan datang dilakukan menggunakan dua metode, yaitu penyelesaian menggunakan metode ARIMA Box Jenkins dan Hybrid Autoregeressive Integrated Moving Average-Artificial Neural Network (ARIMA-ANN). Kedua metode ini dibandingkan kebaikan modelnya dengan kriteria kebaikan model serta dipilih metode yang terbaik dari kriteria kebaikan model tersebut. Terpilih model ARIMA (0,1,1) sebagai model terbaik karena memiliki nilai AIC sebesar 170,019 dan RMSE sebesar 2014,214 yang lebih kecil dibandingkan dengan Hybrid ARIMA-ANN yang memiliki nilai AIC sebesar 185,635 dan RMSE sebesar 2139,997. Kata Kunci : Penjualan, Peramalan, ARIMA Box Jenkins, Hybrid ARIMA-ANN 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya