DETAIL DOCUMENT
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas V SDN Menanggal 601 Surabaya dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Anggarani, Enggal
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-25 04:11:43 
Abstract :
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Soal Cerita Matematika. Kemampuan pemecahan masalah pada penelitian ini untuk mengetahui kesulitan pemecahan masalah siswa pada soal cerita. Pada kenyataannya kemampuan ini belum dikuasai sepenuhnya oleh siswa dalam menyelesaikan masalah soal cerita matematika. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V SDN Menanggal 601 Surabaya dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pemecahan masalah Polya. Penelitian ini metode penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif dari Miles dan Hubermen yaitu data reduction, data display, dan verification. Berdasarkan hasil analisis dari penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V SDN Menanggal 601 Surabaya dalam menyelesaikan soal cerita matematika sebanyak 32 siswa, diambil 5 siswa yang mempunya kategori sangat baik, baik, cukup, kurang dan sangat kurang. Dilihat dari hasil analisis di setiap kategori yang diambil dari penilaian menurut Polya yaitu memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan pemecahan masalah, dan memeriksa kembali, dari empat indikator terlihat paling banyak ditemukan kesalahan pada tahapan merencanakan pemecahan masalah tidak menuliskan simbolisasi cerita matematika. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya