DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MEDIA BUKU DONGENG TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA SATUAN PANJANG PADA SISWA KELAS III SD HANG TUAH 10 JUANDA SIDOARJO
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Nurcahyani, Amalia
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-12-26 15:40:37 
Abstract :
Kata Kunci: Buku dongeng, soal cerita, satuan panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pada penggunaan media buku dongeng terhadap hasil belajar matematika siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada konsep satuan panjang. Penelitian ini di laksanakan di SD Hang Tuah 10 Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah True Eksperimental Design dengan bentuk Posttest Only Control Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling Purposive. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas III. Sampel penelitian yang pertama berjumlah 24 siswa untuk kelas eksperimen. sampel yang kedua berjumlah 24 siswa untuk kelas kontrol. Dengan variabel bebas yakni media buku dongeng dan variabel terikat yakni kemampuan menyelesakan soal cerita. Analisis data proses kedua kelompok menggunakan Uji-t diperoleh thitung sebesar 3,935 dan ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,073, maka thitung > ttabel. Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh media buku dongeng terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita satuan panjang pada siswa kelas III. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya