DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MEDIA KOMIK BUTA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PESERTA DIDIK KELAS IV SDN WONOKUSUMO MOJOSARI
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Herman, Nuri Ria Elisiya
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-12-26 15:35:41 
Abstract :
Kata Kunci : Komik buta, keterampilan menulis Menulis merupakan kegiatan yang sangat erat kaitannya dengan pembelajaran, tidak terkecuali pembelajaran disekolah dasar. Keterampilan menulis sangat dibutuhkan dalam kalangan sekolah dasar, menulis dapat membantu mengaktifkan kreatifitas dan melatih peserta didik dalam mengumpulkan dan menyajikan informasi, maka dari itu diperlukan media yang cocok digunakan dalam meningkatkan keterampilan menulis di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media komik buta lebih baik digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis peserta didik kelas IV SDN Wonokusumo Mojosari. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatifdengan desain quasi eksperimen, teknik sampel (purposive sampling) dengan kelas IV B sebagai kelas Eksperimen kelas IV A sebagai kelas kontrol, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes dan observasi,teknik pengumpulan data denga metode tes dan dokumentasi, teknik analisis datamenggunakan uji homogenitas, uji keseimbangan, uji normalitas, uji hipotesis atau uji-T. Data yang terkumpul, dianalisis dengan bantuan SPSS 16.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih baik secara signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol. Maka menulis dialog dengan menggunakan media komik buta lebih baik dalam meningkatkan keterampilan menulis peserta didik kelas IV SDN wonokusumo Mojosari pada tema 4 subtema 1 pembelajaran 4 tentang jenis-jenis pekarjaan. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya