DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PEREDARAN DARAH PADA SISWA KELAS V SD HANG TUAH 10 JUANDA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Rustanto, Jihan Syafira
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-12-26 15:42:34 
Abstract :
Kata kunci: problem based learning, hasil belajar, aktivitas siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Aktivitas siswa dalam penerapan model problem based learning pada pembelajaran IPA materi peredaran darah siswa kelas V SD Hang Tuah 10 Juanda; (2) Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar materi peredaran darah pada siswa kelas V SD Hang Tuah 10 Juanda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Design tipe Posttest-Only Control Design (Nonequivalent Control Group Design). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Hang Tuah 10 Juanda, dengan mengunakan teknik Cluster sampling (area sampling) terpilih sampel kelas V A sebagai kelas kontrol dan kelas V B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes sebagai data utama dengan didukung lembar observasi siswa. Teknik analisis data menggunakan statistic inferensial parametric dengan berbantuan software SPSS versi 16.0. Hasil ini dibuktikan dengan: (1) Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima, penelitian dapat dinyatakan ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar materi pada siswa kelas V SD Hang Tuah 10 Juanda. (2) Aktivitas siswa pada model problem based learning kelas V SD Hang Tuah 10 Juanda dikategorikan sangat baik. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya