DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN KETABANG SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Putri, Frenyasta Meivy Susanti
Subject
 
Datestamp
2022-11-25 05:07:28 
Abstract :
Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Berpikir Kritisl, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa salah satunya melatih siswa untuk berpikir kritis. Hal itu disebabkan karena pembelajaran saat ini kurang menerapkan model pembelajaran berbasis berpikir kritis. Melalui model pembelajaran salah satunya Problem Based Learning (PBL) berbasis berpikir kritis diharapkan bisa mengaktifkan siswa sehingga proses pembajaran bisa menjadi menyenangkan dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa keterlaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experimental jenis Posttest Only. Penelitian ini dilakukan di SDN Ketabang Surabaya. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan nonprobability sampling jenis purposive sampling. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan uji independent samplest-test. Hasil perhitungan data. uji hipotesis belajar memperoleh sig < 0,05 yaitu Asymp. Sig = 0,000 berarti bahwa H1 : µ1 ? µ2 adanya pengaruhterhadap penerapan modelProblemBased Learning (PBL) berbasis berpikir kritis pada kelas eksperimen yang telah dilakukan oleh peneliti. Hal ini mengartikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya