DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN WONOKUSUMO MOJOKERTO
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Hidayah, Yuliya Takhmilul
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-12-26 15:30:35 
Abstract :
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil Belajar. Hasil belajar siswa perlu dikembangkan sejak dini, khususnya pada jenjang sekolah dasar. Namun pada kenyataan di lapangan, hasil belajar siswa masih sangat rendah. Dalam hal itu, maka guru harus menerapkan model pembelajaran yang tepat. Problem based learning merupakan model pembelajaran yang menyajikan berbagai permasalahan untuk meningkatkan kemampuan siswa agar mampu menyelidiki dan mengatasi sebuah masalah baik dalam pembelajaran maupun kehidupan sehari-hari. Dengan diterapkannya model pembelajaran problem based learning diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran, khususnya pada pembelajaran tematik terpadu. Hasil belajar merupakan kemampuankemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajarnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan bentuk posttest only control design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Adapun teknik analisis datanya menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh hasil belajar yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas IV SDN Wonokusumo Mojokerto. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya