DETAIL DOCUMENT
PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN WONOKUSUMO MOJOSARI
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
SARI, EVI DWI PUSPITA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-12-26 15:47:13 
Abstract :
Kata Kunci: Metode Mind Mapping, Keterampilan Berpikir Kreatif Penelitian ini didasarkan kenyataan di lapangan bahwasannya peserta didik dalam proses belajar di kelas membutuhkan metode pembelajaran yang mampu menarik perhatian, antusiasnya mereka. Dengan menggunakan metode Mind Mapping siswa akan memahami pembelajaran di kelas dengan metode pembelajaran yang berbeda. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) adakah pengaruh metode mind Mind Mapping terhadap keterampilan Berpikir kreatif dalam pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Wonokusumo Mojosari; (2) Aktivitas siswa dalam penerapan pembelajaran metode Mind Mapping terhadap keterampilan berpikir kreatif dalam pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Wonokusumo Mojosari. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi eksperimental. Jenis rancangan yang digunakan adalah Posttest Only Control Design.Populasi dalam penelitian yaitu semua kelas IV SDN Wonokusumo Mojosari. Teknik sampling yang digunakan Purposive Sampling sehingga sampel penelitian yaitu kelas IV A sejumlah 24 siswa dan kelas IV C sejumlah 24 Siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh metode mind maping terhadap keterampilan Berpikir kreatif dalam pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Wonokusumo Mojosari. (2) Aktivitas siswa dengan penerapan pembelajaran metode Mind Mapping terhadap keterampilan berpikir kreatif dalam pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Wonokusumo Mojosari dapat dikategorikan ?baik? 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya