DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TEMA 4 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 5 PESERTA DIDIK KELAS IV SDN TENGGILIS MEJOYO I SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
PANGESTHI, RESTIANING
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-12-26 15:25:23 
Abstract :
Dalam pembelajaran, kurangnya pemahaman terhadap materi pembelajaran yang diajarkan akan mempengaruhi belajar peserta didik hasil. Oleh karena itu, harus diterapkan pada bahan ajar yang dapat disampaikan dengan baik. Salah satu diantara mereka adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match yang dapat membuat siswa lebih aktif selama pembelajaran proses pembelajaran karena dalam model pembelajaran siswa diminta untuk menemukan pasangan kartu dan jawabannya agar pembelajaran dapat berlangsung dengan menyenangkan dan tersampaikan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar IPS Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 5 peserta kelas IV SDN Tenggilis Mejoyo I Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan penelitian eksperimen semu (Quasi experiment Design) tipe nonequivalent control desain kelompok. Jenis draf penelitian ini adalah Posttest control group design, dalam penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas IV-B sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas IV-A sebagai kelas kontrol. Di kelas eksperimen adalah diberikan model pembelajaran kooperatif tipe make a match, sedangkan kelas kontrol tanpa menggunakan a model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melihat hasil tes masing-masing kelas yang merupakan nilai posttest. Analisis data menggunakan analisis statistik dengan teknik (tes-t). Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis (test-T) diperoleh H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat dibuktikan adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a sesuai dengan hasil belajar IPS Tema 4 subtema 1 Pembelajaran 5 siswa Kelas IV SDN Tenggilis Mejoyo I Surabaya. Kata kunci: Make a Match, hasil belajar 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya