DETAIL DOCUMENT
KEEFEKTIFAN TEKNIK MEMBACA KREATIF TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN TENGGILIS MEJOYO I SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Sari, Tita Nanda
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-12-26 15:33:03 
Abstract :
Kata Kunci: Bahasa Indonesia, Membaca, Teknik Membaca, Membaca Kreatif. Membaca adalah faktor penting untuk mendukung prestasi siswa, tetapi kualitas membaca di sekolah dasar relatif rendah. Melalui membaca seseorang dapat menemukan informasi dan pesan penting. Teknik membaca adalah salah satu strategi dalam membaca yang bertujuan agar pembaca memperoleh informasi dalam suatu bacaan. Salah satu teknik yang dapat digunakan dalam membaca adalah teknik membaca kreatif. Membaca kreatif adalah keterampilan membaca yang dilakukan seseorang melalui beberapa proses untuk mendapatkan nilai tambah dari informasi yang mereka baca. Penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan naratif. Data diperoleh dari observasi, wawancara, dokumentasi hasil, dan hasil tes. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru, siswa kelas IV B SDN Tenggilis Mejoyo I Surabaya. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah semua siswa kelas IV B SDN Tenggilis Mejoyo I Surabaya yang mengikuti proses pembelajaran membaca pemahaman menggunakan teknik kreatif di kelas hasilnya cukup efektif. Siswa telah menunjukkan perilaku aktif dan antusias selama proses belajar membaca berlangsung. Kendala yang dialami selama pembelajaran adalah ada beberapa siswa yang tidak bermain perhatian dan fokus belajar, dan tidak dapat dipahami oleh siswa. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya