DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI VOLUME BANGUN RUANG KUBUS SISWA KELAS V SDN SEDATI GEDE II SIDOARJO
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Yustika, Mirza Ratna
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-12-26 15:22:12 
Abstract :
Kata Kunci: Model Pembelajaran TGT, Hasil Belajar. Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan Pengaruh Model Pembelajaran TGT pada hasil belajar matematika materi volume bangun ruang kubus dalam pembelajaran kelas V SDN Sedati Gede II Sidoarjo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran TGT terhadap hasil belajar matematika materi volume bangun ruang kubus siswa kelas V SDN Sedati Gede II Sidoarjo. Dengan diterapkannya model pembelajaran TGT di harapkan dapat membentuk karakter peserta didik yang baik, dan memiliki semangat dalam belajar terutama pada hasil belajar peserta didik di mata pelajaran Matematika, tidak hanya menganggap Matematika itu sulit namun merupakan tantangan bagi siswa dalam menyelesaikannya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif inferensial menggunakan jenis penelitian eksperimen. Dengan menggunakan pengumpulan data berupa Post-Test. Penelitian ini diterapkan pada 30 peserta didik kelas 5B (sebagai kelas eksperimen) dan 30 peserta didik kelas VA (sebagai kelas kontrol). Penelitian ini menggunakan instrumen berupa tes uraian yang terdiri dari 5 soal. Dari hasil pengumpulan data berupa Post-Test ini akan di hitung menggunakan rumus uji t. Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil belajar berupa PostTest peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran TGT lebih tinggi dibandingkan dengan nilai hasil belajar (Post-Test) menggunakan pendekatan saintifik. Terutama didukung juga dengan xvii hasil uji t yang menunjukkan H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran TGT terhadap hasil matematika materi volume bangun ruang kubus siswa kelas V SDN Sedatigede II Sidoarjo tahun pelajaran 2019/2020. Secara teoritis penelitian ini sejalan dengan teori yang terdapat dalam buku Hamdani, (2011:92) bahwa aktivitas siswa dengan model TGT memungkinkan siswa dapat belajar lebih rileks disamping menumbuhkan tanggung jawab, kerja sama, persaingan sehat dan keterlibatan belajar. Dan menurut Suhendri, (2010:109) mengemukakan bahwa hasil belajar matematika adalah kemampuan yang dimiliki seorang siswa setelah ia mendapat pesan berupa penjelasan materi pembelajaran matematika sehingga dapat berfikir secara kritis, logis, dan sistematis. Secara empiris penelitian ini sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh Siti Nurazizah (2017) dengan judul Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Metro Barat. Yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 4 metro barat. Sebagaimana yang telah dikemukakan diatas model pembelajaran TGT merupakan model yang efektif untuk proses belajar mengajar. Dengan menekankan pada kerja sama team dan tanggung jawab individu siswa mampu menunjukkan bahwa belajar itu penting, berharga dan menyenangkan terutama pada mata pelajaran matematika sehingga siswa dapat mengembangkan kreatifitas dan inovasi dalam belajar matematika yang sebelumnya dianggapnya momok bagi siswa, justru siswa lebih enjoy dan percaya diri dalam mengerjakan suatu apapun yang berkaitan dengan matematika. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya