DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) BERBANTUAN MEDIA JAM SUDUT TERHADAP KETERAMPILAN MENGHITUNG SUDUT SISWA KELAS IV DI SDN BELAHAN TENGAH MOJOSARI
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
ERISTINA, MEGA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-12-26 15:26:29 
Abstract :
Kata Kunci: Kooperatif TPS, Keterampilan Menghitung Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh model kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) berbantuan media jam sudut terhadap keterampilan menghitung sudut siswa Kelas IV SDN Belahan Tengah Mojosari serta bagaimana aktifitas siswa dalam keterampilan menghitung sudut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) berbantuan media jam sudut terhadap keterampilan menghitung sudut siswa kelas IV SDN Belahan Tengah Mojosari. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sampel yaitu 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah PreTest dan PostTest Simpulan dari penelitian ini yaitu hasil tes keterampilan menghitung sudut dengan menggunakan model kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) kategori ?Sangat Baik?. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 12,75 dan hasil ttabel 2,042 dengan taraf siginfikan 5% atau 0,05, db = 30 sebesar 2,042. Berdasarkan perhitungan tersebut nilai thitung lebih dari nilai ttabel (12,75 > 2,042) dapat disimpulan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya ada pengaruh model kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) berbantuan media jam sudut terhadap keterampilan menghitung sudut siswa Kelas IV SDN Belahan Tengah Mojosari tahun pelajaran 2019/2020. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya