DETAIL DOCUMENT
PENGARUH METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN TENGGILIS MEJOYO I SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
DHARMASTUTI, KRISTIANAWATI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-12-26 15:28:36 
Abstract :
Kata Kunci: Metode Bermain Peran (Role Playing), Hasil Belajar. Penelitian ini dilakukan berdasarkan yang ada di lapangan, dimana ditemukan permasalahan yang berhubungan dengan rendahya hasil belajar siswa dan penggunakan metode ceramah saja pada saat pembelajaran. Hal ini di dukung dengan banyaknya peserta didik yang tidak memperhatikan pada proses pembelajaran dan peserta didik banyak menyukai bermain. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh metode bermain peran (Role Playing) terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN Tenggilis Mejoyo I Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran (Role Playing) terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN Tenggilis Mejoyo I Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Adapun teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis atau uji-t. Hasil penelitian yang ditemukan setelah dilakukan uji hipotesis oleh peneliti, di dapat data bahwa thitung > ttabel atau 5,11 > 2,5 maka Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh metode bermain peran (Role Playing) terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN Tenggilis Mejoyo I Surabaya. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya