DETAIL DOCUMENT
KORELASI KEMAMPUAN LITERASI BAHASA SISWA DENGAN KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN BIASA DI SDN GAYUNGAN II SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Soarubun, Maria Ariesta
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-25 08:01:38 
Abstract :
Kata Kunci: korelasi, literasi bahasa, soal cerita. Penelitian ini didasari oleh kesulitan siswa saat mengerjakan soal cerita matematika, dimana siswa merasa kesulitan memahami isi bacaan atau maksud dari soal, membuat penyelesaian dan menuliskan kesimpulan. Untuk itu melalui serangkaian tes yang dilakukan, telah ditemukan bahwasanya kesulitan tersebut dapat diatasi dengan kemampuan literasi bahasa siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui korelasi kemampuan literasi bahasa siswa dengan kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita penjumlahan dan pengurangan pecahan biasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif jenis ex-postfacto korelasi, data yang dikumpulkan melalui tes yang berbentuk pilihan ganda dan essay. Pengujian korelasi dilakukan menggunakan uji korelasi product moment-pearson. Jumlah populasinya sebesar 19 orang. Berdasarkan analisis data, diperoleh hitung r sebesar (0,472) > tabel r (0,456) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada korelasi kemampuan literasi bahasa siswa dengan kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita penjumlahan dan pengurangan pecahan biasa di SDN Gayungan II Surabaya. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya