DETAIL DOCUMENT
PENGARUH METODE BRAINSTROMING TERHADAP KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS IV SDN DUKUH MENANGGAL 1 SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Wulansari, Merin
Subject
 
Datestamp
2022-12-26 15:27:26 
Abstract :
Kata Kunci: metode brainstroming, keterampilan memecahkan masalah Penelitian ini telah dilakukan dengan judul ?Pengaruh Metode Brainstroming terhadap Keterampilan Memecahkan Masalah Peserta Didik Kelas IV SDN Dukuh Menanggal 1 Surabaya?, dilakukan dengan tujuan mengkaji keterlaksanan metode brainstroming pada peserta didik kelas IV dan mengkaji adakah pengaruh metode brainstroming terhadap keterampilan memecahkan masalah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan bentuk quasi eksperinmental control grup design, menggunakan teknik sample random sampling. Penelitian ini menghasilkan data uji validasi Rpp memperoleh skor 3,7, lembar observasi pendidik dan peserta didik memperoleh skor 3,7, instrumen tes keterampilan memecahkan masalah memperoleh skor dari validator 3,7, dinyatakan layak dapat digunakan. Hasil data yang diperoleh dari kegiatan observasi pendidik skor 3,8 dan peserta didik skor 3,7, memperoleh kriteria sangat baik. Setelah penelitian dilakukan uji homogenitas, sig 0,496 sig > 0,05 yang berarti data homogen. Data tes keterampilan memecahakan masalah menggunakan pretest dan posttest, dengan uji normalitas kelas kontrol pretest menghasilkan sig 0,100 > 0,05, posttest sig 0,200 > 0,05, uji normalitas kelas eksperimen pretest sig 0,53 > 0,05, posttest sig 0,69 > 0,05, maka data tersebut normal. Analisis uji hipotesis menghasilkan sig 0,000 < 0,05 berarti H0 ditolak, maka hasil tersebut disimpulkan terdapat pengaruh metode brainstroming terhadap keterampilan memecahkan masalah peserta didik kelas IV SDN Dukuh Menanggal 1 Surabaya. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya