DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Dengan Pengintegrasian 4C Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Kelas IV SDN Ngagel Rejo I Surabaya.
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Rumelawati, Tri Indahsari Prastina
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-28 02:33:02 
Abstract :
Kata kunci: Model Pembelajaran TSTS, hasil belajar. Pada umumnya kesulitan belajar merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan adanya hambatan-hambatan dalam mencapai suatu tujuan belajar. Untuk mencegah timbulnya kesulitan dan hambatanhambatan dalam belajar siswa, guru diharapkan dapat mengurangi timbulnya kesulitan belajar tersebut. Oleh karena itu penelitian yang akan dilakukan yaitu dengan penggunaan model pembelajaran yang dapat mengurangi timbulnya kesulitan saat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dengan pengintegrasian 4C terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPS kelas IV SDN Ngagel Rejo I Surabaya. Penelitian yang akan dilakukan merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental design menggunakan bentuk Nonequivalent posttest-only design. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas IV A 29 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B 29 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan tes hasil belajar kognitif (post-test). Data yang diperoleh kemudian dianalisa dengan menggunakan uji homogenitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian meunjukan bahwa uji homogenitas diperoleh signifikan < 0,05 dan dinyatakan data tersebut tidak homogen. Uji normalitas diperoleh hasil signifikan < 0,05 dan dinyatakan data tersebut tidak normal. Sedangkan untuk hasil uji hipotesis signifikan V menunjukan 0,000 dengan taraf signifikan 5% dapat disimpulkan bahwa signifikan < 0,05 maka Ho ditolak yang artinya ada pengaruh model pembelajaran two stay two stray dengan pengintegrasian 4C terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPS kelas IV SDN Ngagel Rejo I Surabaya. Pernyataan dari hasil penelitian tersebut dapat dibuktikan secara teoritik dan empirik. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya