DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN MENYAMPAIKAN PENDAPAT SISWA KELAS IV SDN KETABANG SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
PUTRI, LULUK MEILANA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-28 02:44:11 
Abstract :
Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Keterampilan Menyampaikan Pendapat. Pelaksanaan pembelajaran di kelas perlu adanya model pembelajaran yang memiliki konsep yang nyata tentang permasalahan yang ada di sekitar sehingga pembelajaran berjalan dengan optimal dan peserta didik berperan aktif di dalam kelas. Model pembelajaran yang dimaksud adalah model pembelajaran problem based learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model problem based learning (PBL) dan pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap keterampilan menyampaikan pendapat. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan desain Nonequivalent posttest-only control design. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas IV A (kelas eksperimen) dan IV B (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan observasi aktivitas peserta didik dan tes unjuk kerja keterampilan menyampaikan pendapat. Data yang diperoleh kemudian dianalisa menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji T-test dengan bantuan SPSS 16.0 menggunakan independent sample t-test pada taraf signifikansi 5% (? = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji homogenitas signifiknasinya >0,05 dan uji normalitas >0,05 serta uji t-test tingkat signifikansinya lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,001, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap keterampilan menyampaikan pendapat siswa kelas IV SDN Ketabang Surabaya. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya