DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar IPA pada Materi Keberagaman Makhluk Hidup Siswa Kelas IV SDN Wonokusumo Mojosari Mojokerto
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Wahyuni
Subject
 
Datestamp
2022-11-28 03:23:24 
Abstract :
Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri, hasil belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurikulum 2013 yang menerapkan pendekatan saintifik. Pada penelitian ini menerapkan model pembelajaran inkuiri pada Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 1 pada materi keberagaman makhluk hidup siswa Kelas IV SDN Wonokusumo Mojosari Mojokerto. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri pada Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 1 kelas IV. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian menggunakan pola posstest only control design. Data penelitian ini berupa hasil belajar IPA siswa. Sumber data dalam penelitian ini dengan populasi kelas IV ? A dan siswa kelas IV ? B SDN Wonokusumo Mojosari Mojokerto yang masing-masing berjumlah 25 siswa dengan sampel 50 siswa. Variabel penelitian ini menggunakan 2 variabel yaitu: 1) variabel bebas: model pembelajaran inkuiri, 2) variabel terikat: hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan tes. Analisis data menggunakan analisis uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Simpulan dari penelitian ini adalah berdasarkan perhitungan tampak thitung lebih dari ttabel ( 7,69696 ? 2,01063 ) pada taraf signifikan 5% dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1diterima yang menyatakan ?ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar IPA pada materi keberagaman makhluk hidup siswa kelas IV SDN Wonokusumo Mojosari Mojokerto?. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya