DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS X-KR
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
RIZKY, Shanen Lady
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-28 06:17:55 
Abstract :
Lady, Shanen. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X-KR di SMKN 1 SOOKO MOJOKERTO. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing : 1. Dra. Sri Rahayu, S. Si.,M.Pd. 2. Restu Ria Wantika, S.Pd., M.Si Kata Kunci : model pembelajaran cooperative script,model pembelajaran konvensional, hasil belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa karena pembelajaran disekolah cenderung menggunakan model pembelajaran konvensional dimana gurunya menjadi pusat perhatian (teacher centered) sehingga siswa cenderung merasa bosan dan mengalami kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan gurunya. Untuk itu perlu adanya model pembelajaran dengan suasana yang aktif agar siswa memahami konsep materi yang diajarkan tersebut dan tidak bosan. Salah satu langkah yang dapat ditempuh adalah dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script (Pembelajaran Kooperatif). Dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sehingga dalam rumusan masalah pada penelitian ini membahas apakah ada pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar di SMKN 1 SOOKO MOJOKERTO. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar kelas X- KR yang diajarkan dengan model pembelajaran cooperative script dan dengan model pembelajaran konvensional pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear tiga variabel Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-KR SMKN 1 SOOKO MOJOKERTO Tahun ajaran 2018/2019. Sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas X-KR I berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan X-KR II yang berjumlah 32 orang sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian posstest only control desaign. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode tes. Data yang dianalisa dalam Uji-t diperoleh thitung = 2,1364 dan ttabel = 2,0003 dengan taraf signifikan 5% sehingga nilai thitung ? ttabel yaitu 2,1364 ? 2,00030. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar siswa kelas X-KR di SMKN 1 SOOKO MOJOKERTO. Yang artinya bahwa model pembelajaran cooperative script cocok digunakan untuk kurikulum 2013. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya