DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL BRAIN BASED LEARNING (BBL) PADA MATERI HIMPUNAN PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 2 SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Setiawan, Ryan Bagus
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-28 06:15:53 
Abstract :
Ryan Bagus Setiawan, 2015. Penerapan Model Brain Based Learning (BBL) Pada Materi Himpunan Peserta didik Kelas VII SMPN 2 Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Moh.Syukron Maftuh, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Brain Based Learning, Matematika, Materi Himpunan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya model pengajaran di sekolah dan lebih dominan pada pengajaran konvensional. Dimana guru hanya memberikan pengajaran yang monoton dan membuat siswa bosan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ? Bagaimana respon peserta didik SMP kelas VII pada penerapan model brain based learning (BBL) dalam pembelajaran materi Himpunan ??. Tujuannya adalah untuk mengetahui respon peserta didik dalam penerapan model Brain Based Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kuantitatif. Dimana sumber data didapat melalui observasi, angket, dan tes. Data akan dianalisa menggunakan metode analisis kuantitatif yang sudah ada. Berdasarkan analisa data yang dilakukan dalam penelitian yang terdiri dari satu kelas yaitu kelas VII-F. Maka diperoleh Persentase respon Penerapan model Brain Based Learning adalah 58,5% untuk respon baik dan yang tidak merespon sebesar 41,5% dan 64,03% untuk perilaku siswa yang relevan dengan pembelajaran sisanya melakukan penyimpangan seperti bermain HP, mengobrol dengan teman sebangku, dll. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya