DETAIL DOCUMENT
PROFIL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA PADA MATERI BENTUK ALJABAR UNTUK SISWA KELAS VII DI SMPN 1 SEDATI
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Safitri, Adinda Desya
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-28 06:31:05 
Abstract :
Safitri, Adinda Desya. 2019.Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berdasarkan Kemampuan Matematika Pada Materi Bentuk Aljabar Untuk Siswa Kelas VII Di SMPN 1 Sedati. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing Erlin Ladyawati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: pemecahan masalah, kemampuan matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa. Kemampuan pemecahan masalah merupaka bagian dari kurikulum matematika yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dapat dilakukan dengan cara membiasakan untuk menyelesaikan masalah. Sedangkan penelitian ini untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah matematika siswa SMPN 1 Sedati pada kelas 1-2 berdasarkan kemampuan matematika. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek untupenelitian ini adalah 3 orang siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Teknik penelitian ini yaitu menggunakan tes tulis dan wawancara. Dimana Tes Kemampuan Matematika untuk menentukan subjek berdasarkan tingkat kemampuan, Tes Pemecahan Masalah untuk memperoleh tingkat kemampuan siswa, sedangkan wawancara sebagai data analisisyang valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Subjek berkemampuan matematika tinggi sudah dapat menyelesaikan sesuai indikator dengan tepat yaitu pada tahap memahami masalah; tahap membuat rencana; tahap melaksanakan rencana;dan tahap memeriksa kembali,. Subjek berkemampuan matematika sedang sudah dapat menyelesaikan sesuai indikator dengan tepat yaitu pada tahap memahami masalah; tahap membuat rencana; dan tahap melaksanakan rencana. Namun, pada tahap memeriksa kembali subjek belum dapat menyelesaikannya secara tepat. Subjek berkemampuan matematika rendah belum dapat menyelesaikan sesuai indikator. Pada tahap memahami masalah; tahap membuat rencana; tahap melaksanakan rencana;dan tahap memeriksa kembali. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya